Senin, 11 Juli 2011

Sistem informasi pemasaran

• Atau yang disebut dengan MKIS
• ( marketing information sistem ) merupakan bagian dari sistem informasi manajemen yang menyediakan informasi untuk memecahkan masalah pemasaran perusahaan

Pada tahun 1966 prof. philip kotler dari northwestren University menggunakan istilah pusat saraf pemasaran ( marketing nerve centre) untuk menggambarkan suatu unit baru didalam pemasaran yang mengumpulkan dan mengolah informasi pemasaran dan ia mengidentifikasi tiga jenis informasi pemasaran antara lain :
a. intelejen pemasaran ( maketing intelligence )
b. informasi pemasaran intern ( internal marketing
information)
c. komunikasi pemasaran ( marketing information )

INTELEJEN PEMASARAN
Yaitu … informasi yang mengalir dari lingkungan ke perusahaan.

INFORMASI PEMASARAN
Adalah Informasi yang dikumpulkan di dalam perusahaaan

KOMUNIKASI PEMASARAN
Merupakan informasi yang mengalir dari perusahaan ke lingkungan

Dua subsistem utama yaitu
• Subsistem input pemasaran
1. Sistem informasi akuntansi
2. Subsistem penelitian pemasaran
3. Subsistem intelejen pemasaran

Sistem informasi akuntansi
• Meliputi informasi yang berkaitan dengan keuangan perusahaan

Sistem penelitian pemasaran
• Mengumpulkan data mengenai segala aspek operasi pemasaran penjualan namun terutama aspek – aspek yang berkaitan dengan pelanggan atau calon pelanggan

Sistem intelejen pemasaran
• Mengumpulkan data dan informasi mengenai pesaing perusahaan. Secara historis, sistem ini telah beroperasi secara informal. Misalnya, wakil pemasaran perusahaan berbelanja di toko pesaing dan mengikuti kunjungan kekantor dan pabrik pesaing.

Dua subsistem utama yaitu
• Subsistem output pemasaran
1. Subsistem produk
2. Subsistem tempat
3. Subsistem promosi
4. Subsistem harga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar