Apa Yang Dikerjakan Eksekutif?
• Istilah eksekutif diterapkan secara bebas
– Tak ada batasan jelas antara eksekutif dan manajer lain
• Manajer eksekutif pada level atas dari hirarki organisasi adalah siapa yang menggunakan pengaruh kuat pada perusahaan
• Wawasan perencanaan jangka panjang
Agenda dan Jaringan Kotter
• Menurut John P. Kotter, profesor dari Harvard Eksekutif mengikuti strategi tiga langkah
– Agenda – obyektif yang akan dicapai perusahaan
– Jaringan – hubungan kerjasama
• Ratusan atau ribuan
• Di dalam dan di luar perusahaan
– Lingkungan – norma-norma dan nilai-nilai sehingga anggota jaringan dapat mencapai agenda
Bagaimana Eksekutif Berpikir?
• Daniel J. Isenberg, profesor Harvard Mempelajari lebih dari 1 lusin eksekutif selama periode 2 tahun
• Apa yang mereka pikirkan yaitu tentang
1. Bagaimana mengerjakan sesuatu
2. Mengesampingkan sejumlah kecil masalah
• Lebih berhubungan dengan proses daripada solusi
• Proses pemikiran tidak selalu mengikuti pola step-by-step dari pendekatan sistem
• Intuisi digunakan pada tiap langkah
Kebutuhan Informasi Unik
• Mintzberg yang pertama kali melakukan studi formal tentang kebutuhan informasi
• Diteliti 5 eksekutif di awal 1970-an
• 5 aktivitas dasar
– tugas administratif
– panggilan telepon
– pertemuan tak terjadwal
– pertemuan terjadwal
– kunjungan
Kebutuhan Informasi Unik
• Penelitian oleh Jones & McLeod
Dipelajari 5 eksekutif di awal 1980-an
Pertanyaan-pertanyaan
– Berapa banyak informasi sampai ke eksekutif?
– Satu transaksi - sebuah komunikasi yang melibatkan berbagai media
– Volume harian: - Bervariasi dari eksekutif ke eksekutif
- Bervriasi dari hari ke hari
– Apa nilai dari informasi tersebut?
– Apa saja yang jadi sumber information itu?
– Media apa yang digunakan utk mengkomunikasikan informasi?
– Apa kegunaan informasi tersebut?
Sumber-Sumber Informasi
• Beberapa eksekutif turun 7 level untuk mengumpulkan informasi
• Berasal dari sumber internal dan external
• Sumber external didapatkan paling banyak tetapi rata-rata bernilai lebih rendah
Eksekutif Tidak Mengontrol:
• Surat-surat
• Memo
• Panggilan telepon
• Pertemuan tak terjadwal
Temuan Studi Jones & McLeod
• Sebagian besar informasi eksekutif berasal dari lingkungan, tetapi informasi internal bernilai lebih tinggi
• Sebagian besar informasi eksekutif dalam bentuk tertulis, tetapi informasi lisan dinilai lebih tinggi
• Eksekutif mendapat sangat sedikit informasi langsung dari komputer
Kebutuhan Informasi Unik
Penelitian oleh John Rockart dan Michael Treacy, keduanya dari MIT Meneliti 16 perusahaan pada awal 1980-an Menemukan banyak pemakai komputer Menemukan beberapa eksekutif yang tertarik pada rincian Istilah “sistem informasi eksekutif” muncul pertama kali
Saran Untuk Pengembangan EIS
1. Mencatat inventory
2. Merangsang sumber-sumber bernilai tinggi
3. Memanfaatkan peluang
4. Menyesuaikan sistem pada eksekutif
5. Memanfaatkan teknologi
Dialog Antara Eksekutif dan EIS
• Dengan memasukkan serangkaian menu, sedangkan pemakaian keyboard minimal
• Mengorek informasi spesifik yang diperlukan dari level ikhtisar
Faktor-Faktor Penentu Keberhasilan EIS Rockart dan DeLong
1. Sponsor eksekutif yang paham dan berkomitmen
2. Sponsor operasi
3. Staf jasa informasi yang cocok
4. Teknologi informasi (IT) yang tepat
5. Manajemen data
6. Terkait pada tujuan bisnis
7. Mengelola penolakan organisasi
8. Mengelola penyebaran dan evolusi sistem
Posisi Eksekutif
• Tuntutan unik akan posisi eksekutif
• Eksekutif membutuhkan pengolah informasi yang unik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar